Sejarah Shopee di Indonesia: Marketplace Sukses di Tanah Air

 Shopee Indonesia adalah salah satu marketplace yang hadir di tanah air. Memasuki Indonesia sejak 2015, kesuksesan Shopee sudah tidak dapat dipungkiri lagi.

Sejak tahun 2015 hingga sekarang, pengguna Shopee baik penjual maupun pembeli masih terus meningkat. Bahkan, total download aplikasi Shopee di Play Store mencapai angka 50 juta. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa Shopee adalah salah satu marketplace yang digemari oleh warga +62.

Sejarah Singkat Berdirinya Shopee di Indonesia

Shopee berdiri tahun 2015 di 7 wilayah berbeda di Asia. Sejarah Shopee di Indonesia sendiri dimulai pada Desember 2015. Saat ini, Shopee dikelola oleh SEA Group yang merupakan perusahaan milik Forrest Li.

Shopee didirikan dengan tujuan untuk menyediakan platform yang bisa digunakan baik oleh penjual maupun pembeli dari berbagai belahan Asia Tenggara demi tercapainya dunia yang lebih baik melalui kekuatan transformatif Teknologi. Tujuan Shopee juga untuk menawarkan pengalaman berbelanja dan berjualan online dengan berbagai macam pilihan produk, jasa fulfillment yang mudah digunakan dari beragam komunitas sosial.

Pada Desember 2015, Shopee berhasil menggelar Shopee University di Taiwan kemudian disusul oleh Shopee University Indonesia. Berkat sesi Shopee University yang digelar, para seller Shopee di seluruh wilayah berhasil mendapatkan keuntungan yang bermanfaat.

Di Indonesia sendiri, pamor Shopee mampu bersaing dengan marketplace lain yang ada di Indonesia. Dengan fitur-fitur yang menarik, program gratis ongkir, dan pilihan produk yang bermacam-macam, banyak masyarakat Indonesia yang betah berjualan dan belanja di Shopee.

Siapa CEO Shopee Indonesia?

CEO Shopee yang benar adalah Chris Feng, seorang pengusaha muda asal Singapura. Pria inilah yang pertama kali mencetuskan marketplace Shopee. Chris Feng dulunya merupakan pegiat Rocket Internet yang pernah menjadi kepala dari marketplace Zalora yang bergerak dalam bidang fashion dan marketplace Lazada.

Pria berdarah Singapura ini merupakan sosok dibalik keberhasilan Shopee. Shopee didirikan oleh Feng dengan visi misi Shopee yang ingin mempersatukan penjual dan pembeli dari komunitas sosial yang berbeda ke dalam satu platform Shopee Indonesia.

Apa Visi dan Misi Shopee?

Sebagai perusahaan marketplace ternama di Indonesia, Shopee Indonesia juga memiliki visi dan misi seperti perusahaan pada umumnya. Visi Shopee Indonesia adalah untuk menjadi mobile marketplace nomor 1 (satu) di Indonesia. Dengan visi tersebut, Shopee tidak ada hentinya memberikan penawaran dan fasilitas yang bisa dinikmati secara terus menerus oleh penggunanya.

Selanjutnya, untuk misi Shopee sendiri adalah untuk mengembangkan kewirausahaan bagi para penjual di Indonesia. Dengan hadirnya Shopee di Indonesia, para pemilik UMKM di Indonesia pun juga menjadi makmur karena memasarkan produk pun menjadi semakin mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan khas dari berbagai negara